TERKIKISNYA MORAL DAK AKHLAK PEMUDA


TERKIKISNYA MORAL DAK AKHLAK PEMUDA 
Dewasa ini seakan dengan perkembangan zaman dan perkembangan teknologi masyarakat muda umumnya dan pemuda islam Khususnya sangat kurang dan bahkan terkikis lewat perkembangan dan kemajuan zaman dalan bidang ilmu pengetahuan tentang Akhlaq dan moral yang telah di ajarkan oleh para guru-guru di dunia pendidikan maupun di dunia masyarakat sebagai tokoh masyarakat.
Sebenarnya apa yang menjadikan perubahan dan pembuat perubahan krisis akhlaq dan moral pada pemuda dan pemudi kita ? itu yang sering kita pertanyakan. Mengkin sebagian kecil dari kita mengetahui dan bahkan sering menjadi perilaku dan sudah menjadi tingkahlaku kita sebagai seorang pemuda. Hanyasaja kita tidak sadar tentang apa yang sudah kita lakukan kita hanya berfikir benar dan hanya mementingkan kesenanagan kita semata. Padalah satu kesalahan kecil yang kita perbuat itu bisa saja mengakibatkan pengaruh besar pada moral dan akhlak kita.
Rusaknya moral dan akhlak pemuda kita sekarang ini juga sangat  di pengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah faktor lingkungan, teman, dan kebiasaan yang ada sekitanya. Kita  di idak bisa langsung menyalahkan teknologi dan perkembangan zaman sebagai pemicu utamanya. Tapi juga di tambah oleh beberapa faktor tersebut. Karena bagaimanapun faktor teknologi bila di pandang manfaatnay itu juga sangat bermanfaat untuk jaman kita sekarang.  Bila di gunakan sesuai dengan  kebutuhan kita sekarang, tapi bila kita salah dalam menggunakanya maka akan berimbas juga pada perubahan kita karena kita telah mengenal banyak pengetahuan yang dulunya itu tabu tapi sekarang di uangkap secara blak-blakan dan malah menjadi suatu kebanggana bukan aib yanag harus di tutupi.
Inilah yang menjadikan pemuda pemudi kita menjadi agak menyeleweng dan berpaling dari syariat. Mereka mencari petunjuk-petunjuk yang bisa meringankannya dalam melakukan perbuatan nyang merusak moral dan kahlak mereka. Menggampangkan dan memudahkan urusan hanya untuk kesenangan yang dilakukan sesaat.
Banyak diantara kita bakhan kita sendiri melakukan hal tersebut tapi kita tidak merasakan bahkan kita sadar yang kita lakukan salah tapi selaku berkelit dan menggampangkan. Itulah sebab rusaknya moral pribadi kita dan moral akhlak kita.
Terkikisnya moral juga sering di pengaruhi oleh lingkungan di sekitar kita dimana faktor lingkungan ini juga berpengaruh besar dalam perkembangan tingkah laku dan akhlaq. Karena pada dasarnya untuk membentuk dasar moral yang kuat itu harus pula di dasari oleh lingkunan sekitaryang moralis sehingga mampu menjadi pondasi yang kokoh dan kuat sebagai bekal mereka dalam  menghadapi kerasnya kehidupan dan jaman ketika mereka tidak hidup dilingkungannya lagi.
Lingkungan yang moralis disini adalah lingkuang yang bisa menggembleng kita untuk menguatkan iman dan kepercayaan terhadap syariat dan hukum-hukum yang sebenarnya. Dimana dasar dari  moral adalah hati yang berkaitan dengan iman. Kalau iman dan hati kita tidak kuat oleh perkembangan jaman dan lingkunagn di sekitar maka kita akan iktut nterjerumus kedalam dan malah berperan aktif dalam lingkunagn tersebut itulah dasar dari lkingkunagn yang moralis.   
Faktor selanjutnya adalah faktor pertemana atau sahabat dilingkungan kita berada. Dimana sahabat disini adalah sebagai salah satu oarng yang berpengaruh karena tingkahlaku dan kebiasaan yang dilakukan sahabat atau teman kita tanpa sadar kita juga pengen untuk melakukannya. Utuk itu faktor yang dominan dilakukan oleh salah satu teman kita pasti kita ingin malakukannya, entah itu salah ataupun benar karna pada hakaikaatnya kita pengen menirukan gaya atau mode yang sahabat kita gunakan.  
Kita munkin sering mendengarkan banyak kata-kata bijak sahabat yang baik adalah sahabat yang menegur kita salah dan mendukung kita ketia apa yang kita lakukan benar. Dari sinilah kiat bisa menyimpulkan bahwa dalam memilih sahabat itu harus benar-benar sahabat yang bis adi contoh dan bisa diajak dalam kebaikan. Teman juga berpengaruh dalam terkikisnya moral dan akhlah kita dimana teman sering kali membawa hal-hal yang negatif terhadap kita dan mampu memmpengaruhi berbagai hal yang kita lakukan tergantung pada kita menilai dan menyikapi hal yang ada. Untuk itu berhati-hatilah dalam memilih dan memilaha teman karena tanpa disadari teman juag bisa menjerumuskan kita pada hal yang mampu mengikis moral dan akhlak kita.
Banyak diantara kita sebagai sorang pelajar yang tinggal di luar kota seudah terpengaruh dengan adanya lingkungan karna lingkungan yang kita tempati tidak hanya sebagai tempat tinggal tapi juga pengikis dari moral dan akhlaq kita, jika lingkunagn di sekitar kita baik maka tingkah laku dan ketawadhu'an kita kan baik tapi apabila lingkungan yang  kita tempati itu contohlah sarang penyammun maka za lama kalamaan kita juga menjadi seorang penyamun. Makanya faktor lingkunagn juga sangat berpengaruh dalam terkikisnya moral dan kahlak.
Untuk itu kita sebagi seorang pemuda dan pemudi yang tahu dan mengerti hakikat dari keislam kita harus pintar-pintar memilih dan memilah antara yang benar dan yang bathil sebagai bekal dalam kehidupan kita, karena kita hakikatnya dalah penerus dari keluarga dan juga sebagai penerus darri dakwah Rosulluah untuk lebih pintar dalam nyikapi dan   menilai yang Khaq dan yang bathil. Selalu mendasari diri kita dengan iman dan maoral sebagai kunci keberhasilan untuk tepap berpegang tugah pada syariat dan hukum-hukum Allah yang telah ada. Jangan sampai kita keliru dan terprosok kedalam lubang yang dapat memudarkan dan mengkikis keimanan  kita. Allah maha besar dan maha berkehendak kita sebagai manusia hanya bisa beriktoiyar dan mencoba melakukan hal semampu kita. Tawakkaltu ilaallah ….. Waallahhu A'lam…

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH PENDIDIKAN EKSTRAKULIKULER